6 Gejala Nyeri Kepala yang Perlu Dikonsultasikan ke Dokter Spesialis Saraf

  • Whatsapp

Sakit kepala merupakan jenis gangguan kesehatan yang sangat sering terjadi. Kondisi ini mungkin terasa ringan namun bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Jika kondisi nyeri pada kepala terasa semakin berat, maka Anda sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis saraf. Nyeri kepala yang terus berlanjut bisa saja menjadi indikasi dari penyakit yang berat.

Read More

Gejala Nyeri Kepala Berat

Saat menderita sakit kepala, sebenarnya Anda tak perlu langsung buru-buru ke dokter saraf. Namun saat muncul tanda-tanda yang mengarah ke kondisi serius maka pergi ke dokter saraf adalah pilihan terbaik. Berikut adalah 6 tanda atau gejala nyeri kepala yang sebaiknya langsung dikonsultasikan kepada dokter saraf:

1. Disertai Demam

Segera hubungi dokter saraf apabila nyeri kepala yang Anda rasakan terus berlanjut dan disertai demam. Demam diketahui sebagai salah satu tanda munculnya infeksi pada tubuh. Jika demam terjadi artinya ada infeksi yang masuk ke tubuh dan tubuh sedang berusaha untuk melawan infeksi tersebut.

Meskipun begitu coba lihat kembali apakah demam segera mereda atau malah berlanjut. Jika demam tidak kunjung turun dan sakit kepala terus berlanjut maka konsultasikan ke dokter saraf. Kondisi ini bisa saja menjadi indikasi bagi penyakit lain yang jauh lebih parah dan berbahaya bagi tubuh Anda.

2. Mual dan Muntah berlebihan

Nyeri kepala yang disertai mual dan muntah berlebihan juga merupakan indikasi terjadinya gangguan kesehatan yang berbahaya. Apalagi jika mual dan muntah terus berlanjut, tentu hal ini akan menimbulkan rasa lemas pada tubuh. Kekurangan nutrisi juga bisa terjadi jika Anda terus-terusan mengalami kondisi ini. Dokter saraf akan menjadi pilihan terbaik untuk mengonsultasikan kondisi Anda tersebut.

3. Muncul Mati Rasa

Saraf memiliki peran penting bagi tubuh dalam merasakan berbagai jenis rangsangan. Jika terjadi mati rasa yang muncul akibat nyeri kepala berlanjut, maka kondisi ini bisa menjadi indikasi terjadinya gangguan saraf. Silakan langsung berkonsultasi kepada dokter spesialis saraf jika ada bagian tubuh yang mulai mati rasa setelah Anda mengalami nyeri kepala berlanjut.

4. Kesulitan Berbicara

Tanda bahaya lainnya yang bisa menyertai nyeri kepala adalah kesulitan berbicara. Jika Anda tiba-tiba mengalami cadel dan kesulitan menggerakan lidah, maka kemungkinan terjadi gangguan pada sistem saraf. Segera konsultasikan kondisi ini ke dokter agar mendapatkan solusi yang tepat. Jika didiamkan saja, bisa jadi kondisi sulit bicara ini tidak bisa sembuh seperti semula.

5. Disertai Kejang

Sakit kepala yang kemudian disertai kejang juga harus dikonsultasikan kepada dokter saraf. Kondisi ini merupakan indikasi terjadinya penyakit yang berbahaya bahkan bisa jadi mengancam jiwa. Biasanya hal ini terjadi pada pasien penderita epilepsi. Segera konsultasikan pada dokter saraf untuk mendapat solusi terbaik.

6. Disertai Lemah Otot

Nyeri kepala yang kemudian disertai lemah otot juga harus dikonsultasikan. Tanyakan kepada dokter saraf Anda gangguan kesehatan apa yang sedang terjadi. Lemah otot yang terus berlanjut mungkin bisa berakibat fatal dan menghambat aktivitas Anda sehari-hari. Jadi pastikan untuk segera meminta bantuan dari dokter saraf agar kondisi ini bisa segera diatasi dan tubuh kembali sehat seperti semula.

Itulah tadi beberapa tanda atau gejala yang menyertai nyeri kepala dan harus dikonsultasikan ke dokter saraf. Gunakan layanan SehatQ untuk mendapatkan fasilitas telemedicine yang terpercaya. Tersedia fitur chat dokter yang akan membantu Anda berkonsultasi jarak jauh dengan tenaga dokter profesional.

Sumber:

https://www.halodoc.com/artikel/kepala-sering-nyeri-ini-waktu-yang-tepat-ke-dokter-saraf

https://www.alodokter.com/tanda-tanda-sakit-kepala-perlu-diperiksakan-ke-dokter-saraf

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *