5 Tips Menghemat Biaya Pengiriman Barang ke Luar Negeri

  • Whatsapp

Biaya mengirimkan barang ke luar negeri saat ini ternyata tidak bisa dibilang ringan. Anda bisa cek sendiri ongkos pengiriman lewat berbagai platform, bahkan lewat situs resmi jasa ekspedisi yang akan Anda gunakan. Namun tenang, Anda bisa melakukan berbagai upaya untuk menghemat biaya atau ongkos kirim paket ke luar negeri ini secara efektif dan barang tetap bisa sampai dengan aman.

Read More

Hemat Biaya Kirim

Ongkos pengiriman barang akan sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor. Mulai dari jarak pengiriman, berat barang, jenis barang, dan layanan tambahan yang dibutuhkan. Agar lebih hemat, cobalah untuk menerapkan 5 tips menghemat biaya pengiriman barang menuju luar negeri berikut ini:

1. Kemas Barang secara Ringkas

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengemas barang secara ringkas. Sebisa mungkin kemas barang Anda dengan simple agar mudah untuk dibawa dan dari segi bobot juga bisa lebih ringan. Semakin simple dan ringkas pengemasan barang maka biasanya akan semakin ringan juga biaya pengiriman yang dibebankan kepada konsumen.

2. Pilih Jasa Ekspedisi yang Tepat

Pastikan Anda memilih atau menggunakan jasa ekspedisi yang tepat. Standar tarif yang ditetapkan oleh setiap jasa ekspedisi berbeda. Anda bisa melakukan survei dulu kemudian membandingkan mana jasa ekspedisi yang menawarkan tarif pengiriman paling terjangkau. Ini akan jadi cara efektif agar bisa berkirim barang dengan biaya pengiriman yang paling sesuai ekspektasi dan kemampuan.

3. Lakukan Negosiasi

Sebelum kirim paket ke luar negeri, Anda bisa melakukan negosiasi terlebih dahulu. Langkah ini dapat dilakukan jika memang biaya pengiriman yang dibebankan terlalu berat dan sangat sulit untuk dijangkau. Mintalah alternatif kepada jasa ekspedisi yang terlibat, jenis pengiriman apa yang harga atau tarifnya bisa jauh lebih terjangkau.

4. Jalin Kerja Sama

Cara yang satu ini sangat direkomendasikan bagi pelaku bisnis yang memang ingin melakukan pengiriman barang. Biasanya pebisnis harus melakukan pengiriman barang dalam jumlah atau kapasitas yang besar. Cobalah untuk menjalin kerja sama dengan jasa ekspedisi agar bisa dapat harga lebih ringan apalagi jika pengiriman barang akan terus-menerus dilakukan.

5. Batasi Volume Barang

Selain berat, volume barang atau paket yang akan dikirim juga harus diperhatikan. Buatlah volume barang sekecil mungkin agar tidak dikenai biaya tambahan. Batasi volume barang tanpa merusak packing dan memaksakan barang-barang sampai akhirnya malah rusak. Lakukan langkah yang tepat dan aman untuk mengurangi volume barang agar jadi lebih compact.

Itulah tadi 5 tips menghemat biaya kirim paket ke luar negeri. Penting sekali untuk mencari informasi pengiriman barang terlebih dahulu. Contohnya bagi Anda yang ingin impor barang dari Malaysia ke Indonesia maka perlu cek ongkos kirim Malaysia ke Indonesia dulu. Jika memang biaya dirasa terlalu tinggi maka bisa dicari alternatif jasa ekspedisi lain atau lakukan tips-tips yang telah dibahas tadi.

Sumber:

https://pluginongkoskirim.com/tips-menghemat-biaya-ongkos-kirim/

https://www.bee.id/blog/tips-menghemat-biaya-pengiriman-ini-yang-harus-diperhatikan/

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *