5 Kuliner Bandung Masuk Daftar Makanan Tradisional Terbaik Dunia, Apa Saja?

  • Whatsapp

Salah satu hal yang membuat Bandung sangat populer di kalangan wisatawan adalah opsi kulinernya yang beragam. Anda sang petualang rasa tentu saja wajib merencanakan wisata kuliner setelah memesan kamar di hotel dekat Jalan Riau Bandung. Apalagi, ternyata kuliner Bandung masuk ke dalam daftar makanan tradisional terbaik di dunia, alias Best Cities for Traditional Food versi Taste Atlas Awards 2020, lho! Penasaran ingin tahu apa saja kuliner Bandung yang masuk daftar tersebut? Yuk simak daftarnya berikut ini!

Read More

1. Cireng

Meskipun Anda bisa temukan cireng di banyak kota luaran Bandung, rasanya sulit menandingi kenikmatan cireng yang autentik dari tempat asalnya. Cireng sendiri adalah singkatan dari ‘aci digoreng’ karena cireng memang terbuat dari tepung aci (kanji) sebagai bahan utamanya, dan adonannya dibentuk bulat-bulat lalu digoreng. Sekarang, cireng isi juga banyak diminati dengan banyak pilihan isian, seperti keju, daging, dan sosis.

2. Siomay

Jauh sebelum cireng datang “menyerbu”, sudah ada siomay yang bisa Anda temukan di banyak kota di Indonesia. Siomay ini adalah kuliner ikonik khas Bandung yang merupakan variasi dari dimsum, tepatnya shumai. Adonan siomay sendiri aslinya terbuat dari ikan tenggiri, yang kemudian dibentuk bulat-bulat seperti bola lalu dikukus dan dinikmati dengan siraman saus kacang.

3. Batagor

Batagor adalah singkatan dari bakso tahu goreng dan merupakan “sepupu” siomay. Sebab, adonan bakso pada batagor secara tradisi dibuat sama seperti adonan siomay, hanya saja batagor diberi tahu lalu digoreng. Serupa dengan siomay, batagor juga biasa dinikmati dengan saus kacang yang disiram di atasnya.

4. Surabi

Surabi adalah camilan tradisional khas Bandung yang paling pas untuk menemani Anda ngopi atau ngeteh. Terbuat dari tepung beras sebagai bahan dasar utamanya, surabi punya cita rasa manis dan gurih yang unik. Anda juga bisa menikmati surabi dengan pilihan berbagai topping favorit, contohnya keju, cokelat, susu, hingga oncom.

5. Bandros

Bandros merupakan kue basah khas Bandung yang dibuat dari campuran tepung beras, santan, dan parutan kelapa, mirip seperti kue pancong khas Betawi atau gandos khas Jawa. Kue bandros punya rasa yang manis dan gurih seperti surabi, namun cita rasa gurihnya yang lebih kuat berkat parutan kelapa pada adonannya. Selain itu, bandros juga punya kombinasi kulit renyah, namun isi yang lembut.

Selain kelima makanan di atas, masih ada beberapa kuliner khas Bandung lainnya yang membuat Bandung masuk ke dalam daftar Best Cities for Traditional Food. Contohnya cilok, nasi kuning, bandrek, bajigur, mi kocok, dan karedok.

Wah, rasanya makin tak sabar ingin segera memulai petualangan rasa di Bandung, ya?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *