24.2 C
Los Angeles
July 13, 2020
Review Teknologi

5 Cara Agar Internet di Rumah Aman Diakses oleh Anak

5-cara-agar-internet-di-rumah-aman-diakses-oleh-anak

Internet saat ini bisa diakses dengan mudah oleh siapapun dan dimanapun. Anda juga bisa memasang layanan internet di rumah Anda melalui berbagai provider internet yang tersedia beserta paket-paket layanan tambahan yang mereka tawarkan, seperti add on Indihome. Layanan internet yang Anda pasang di rumah ini bisa dinikmati dan diakses oleh seluruh anggota keluarga di rumah, tidak terkecuali oleh anak-anak.

Namun, Anda harus lebih bijak dalam mengawasi anak-anak Anda ketika mereka menggunakan akses internet agar anak-anak bisa menggunakan internet sebagai sarana pendidikan dan menambah pengetahuan.

Agar internet aman diakses oleh anak

Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar internet di rumah Anda bisa aman diakses oleh anak-anak.

1. Selalu dampingi saat anak mengakses internet

Sebagai orang tua, Anda harus selalu memberi pendampingan ketika anak menggunakan internet di rumah. Dengan pendampingan dari orang tua, maka Anda bisa mengawasi penggunaan internet yang diakses oleh anak. Jadi, selalu luangkan waktu ketika anak Anda menggunakan akses internet di rumah dan berikan edukasi pada mereka agar bisa memanfaatkan teknologi internet untuk hal-hal yang bersifat positif.

2. Buat peraturan

Selain memberikan pendampingan, Anda juga bisa menerapkan aturan yang disepakati antara Anda dan anak-anak mengenai penggunaan akses internet. Peraturan ini bisa berupa durasi lamanya si anak bisa bermain internet, apa yang harus dikerjakan oleh si anak sebelum atau sesudah bermain internet, atau peraturan-peraturan lainnya yang menjadi kesepakatan bersama antara Anda dan anak.

Anda juga bisa menerapkan sistem reward and punishment jika anak Anda patuh atau melanggar aturan yang sudah disepakati.

3. Cari aktivitas atau permainan di internet untuk bersama

Saat melakukan pendampingan, Anda tidak hanya bisa mengawasi si anak, melainkan juga bisa mencari aktivitas ataupun permainan di internet yang bisa dilakukan bersama-sama bahkan dengan anggota keluarga yang lain.

Dengan memasang paket internet di rumah seperti add on indihome, Anda bisa mencari banyak permainan di internet seperti ludo atau monopoli yang bisa Anda mainkan bersama anak Anda. Aktivitas bersama seperti ini juga menjadi waktu yang berkualitas bagi Anda dan si anak yang bisa meningkatkan keakraban antar anggota keluarga.

4. Pilih situs khusus untuk anak-anak

Anak-anak seharusnya mengkonsumsi tayangan-tayangan di internet yang sesuai dengan usianya. Maka, Anda harus lebih bijak dan teliti dalam memilih situs-situs yang khusus ditujukan untuk usia anak-anak.

Saat ini sudah banyak situs-situs atau kanal khusus untuk anak-anak yang bisa Anda kenalkan pada anak-anak Anda, seperti Youtube kids, coco melon, atau blippi. Melalui situs-situs ini, anak Anda bisa mendapatkan hiburan serta edukasi dan pengetahuan sekaligus.

5. Memanfaatkan fitur parental control

Layanan internet saat ini juga sudah memiliki fitur parental control yang bisa Anda manfaatkan untuk mengawasi akses internet anak-anak Anda. Melalui fitur ini, Anda bisa membatasi situs-situs mana saja yang bisa dan tidak bisa diakses oleh anak Anda.

Selain itu, Anda juga bisa membatasi jadwal akses internet bisa digunakan oleh anak-anak Anda. Fitur ini dapat memudahkan Anda yang tidak memiliki waktu lebih untuk terus mengawasi dan mendampingi ketika anak Anda mengakses internet.

Itulah beberapa tips untuk mengatur penggunaan internet untuk anak-anak di rumah. Dengan mengaplikasikan tips-tips tadi, Anda tidak perlu khawatir lagi untuk memasang internet serta layanan tambahan lainnya seperti add on indihome di rumah Anda.

Semoga ulasan di atas bermanfaat ya!

Related posts

Berkenalan dengan Vivo X50, Smartphone Flagship Vivo dengan Kamera Bergimbal

Hani Winarsih

Simak Tips Memilih Kamera SLR Agar Tidak Salah Beli

Hani Winarsih

Mengenal Lebih Jauh Masker Kain Scuba, Masker Populer Di Masa Pandemik

Hani Winarsih

Leave a Comment